Categories
Uncategorized

Apakah Kefit bisa menangkal covid 19?

Apakah Kefir bisa menangkal COVID-19?

 

Kefir adalah produk yang terbuat dari susu yang di fermentasikan dengan menggunakan Biji Kefir (bakteri asam laktat dan ragi) Kefir berasal dari Kaukasus utara,Rusia. Biji kefir inilah yang bertugas memfermentasikan susu, membuatnya kaya akan kandungan probiotik, antioksidan, mineral, dan vitamin.

Sejarah Kefir 

Kefir sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad SAW dan dikonsumsi masyarakat Kaukasus Rusia.Istilah Kefir berasal dari bahasa Turki,Ke’if yang artinya enak.Kefir secara bentuk berbeda dengan Yoghurt,karena lebih cair tapi untuk rasanya mirip.

Manfaat 
  1. Banyak Nutrisi 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kefir adalah minuman fermentasi yang secara tradisional terbuat dari susu sapi atau kambing. Hal tersebut dilakukan dengan cara menambahkan biji kefir (terdiri atas ragi dan asam laktat) ke dalam susu.

Selama 24 jam atau lebih, mikroorganisme dalam biji kefir bertambah banyak dan memfermentasi gula dalam susu, kemudian mengubahnya menjadi kefir. Setelah itu, biji kefir dikeluarkan dari cairan tersebut. Jadi intinya, kefir adalah minumannya, tapi biji kefir adalah “starter kit” yang digunakan untuk menghasilkan minuman.


Di dalam minuman tersebut terkandung Protein,Lemak,Karbohidrat,Kalsium,Fosfor,Vitamin B12,Riboflavin dan Magnesium

 

  1. Probiotik 

Probiotik adalah mikroorganisme yang ada didalam tubuh dan dapat menguntungkan diri kita sendiri karena Mikroorganisme tersebut memiki efek terhadap pencernaan,pernapasan dan keseimbangan berat badan .
Kandungan Probiotik yang ada di dalam kefir lebih kuat di bandingkan dengan Yoghurt,Hal tersebut dikarenakan dalam biji Kefir mengandung sekitar 30 jenis bakteri baik dan ragi yang lebih banyak dari pada yoghurt. Itulah sebabnya manfaat kefir lebih banyak dari pada jenis minuman fermentasi lainnya.

 

  1. Memperlancar Pernafasan-Asma

Manfaat kefir yang selanjutnya adalah dapat mencegah gejala alergi dan asma. Reaksi alergi dapat disebabkan oleh reaksi inflamasi terhadap zat lingkungan yang tidak berbahaya. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lebih sensitif, maka akan lebih rentan terkena alergi dan dapat menimbulkan kondisi medis lainnya, seperti asma.

Berdasarkan sebuah penelitian dengan perantara hewan, menyatakan bahwa kefir telah terbukti menekan respons inflamasi yang berkaitan dengan alergi dan asma. Namun, penelitian ini masih perlu dikembangkan pada manusia.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Sumber : Kompas

Asam folat dan biotik yang terkandung di dalam kefir dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Kefir membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri jahat.

Antimikroba yang ada di dalam kefir, seperti polisakarida yang tak larut membantu melawan infeksi jamur candida. Terbukti, kefir mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol di tubuh Anda.

 

Apakah mengkonsumsi kefir akan menangkal Virus Covid-19? Memang belum menemukan penelitian nya,akan tetapi kita bisa meminum kefir untuk menajag Imunitas tubuh kita,bukan kah itu juga salah satu cara untuk menjauhkan virus covid-19 ?Silahkan dicoba ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *