Categories
Uncategorized

8 Jenis Minuman Probiotik Yang Bisa Dibuat Saat Di Rumah Aja!

8 Jenis Minuman Probiotik Yang Bisa Dibuat Saat Di Rumah Aja!

Apa Itu Minuman Probiotik?

Minuman probiotik adalah minuman yang mengandung sejumlah bakteri probiotik. Minuman probiotik biasanya memiliki rasa yang enak, segar, dan aman dikonsumsi siapa pun. Dapat diolah dengan mencampurnya bersama buah untuk jus atau ice blended, dapat diminum kapan saja dan siapa saja, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Berikut adalah beberapa minuman probiotik yang bisa dibuat saat di rumah aja:

1. Boza

Minuman Probiotik - Boza
Boza – source: myfermentedfoods.com

Boza adalah minuman fermentasi dari turki yang sangat populer. Boza dibuat dengan menggunakan biji-bijian seperti gandum, jelai atau jagung yang dibuat menjadi adonan dan dibiarkan berfermentasi.

 

2. Pineapple Ginger Tepache

Tepache
Pineapple Ginger Tepache – source: myfermentedfoods.com

Ada banyak alasan untuk menyukai minuman ini selain dari rasa manis nanas. Bahan utama (nanas, jahe, madu manuka) mengandung enzim, probiotik dan vitamin. Minuman ini hanya membutuhkan waktu 72 jam untuk fermentasi, yang merupakan periode yang singkat dibandingkan dengan kebanyakan minuman probiotik.

3. Kanji

Kanji
Kanji – source: myheartbeets.com

Minuman India ini dibuat dengan memfermentasi sayuran. Untuk membuatnya, hanya membutuhkan bit, wortel, mustard powder, air, cabe rawit, garam dan lada hitam.

4. Natural Fizzy Ginger Ale

Minuman Probiotik - Ginger Ale
Ginger Ale – source: catalystmagazine.net

Soda alami dengan menggunakan jahe bisa menjadi pilihan lain dalam membuat minuman ini. Perhatikan bahwa minuman ini mungkin mengandung alkohol ketika difermentasi selama berminggu-minggu, jadi gunakan proses fermentasi singkat untuk membuat soda jahe tanpa alkohol.

5. Beet Kvass

Minuman Probiotik Beet Kvass
Beet Kvass – thehealthyhomeeconomist.com

Buah bit menawarkan banyak probiotik ketika difermentasi dengan whey, garam, dan air. Cukup gunakan satu sendok makan garam tambahan bersama whey.

6. Kombucha Tea

Minuman Probiotik Kombucha Tea
Kombucha Tea – source: thelist.com

Kombucha adalah salah satu minuman probiotik yang paling populer. Tetapi membelinya setiap hari tidak benar-benar ramah anggaran. Kamu bisa menyeduh kombucha di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah air bersih, gula pasir putih, teh daun dan strater kombucha.

7. Susu Almond

Susu Almond
Susu Almond – source: thedieline.com

Minuman ini cukup mudah dibuat dan bisa dijadikan sebagai smoothie atau bahkan meminumnya sendiri setiap pagi. Resepnya tidak membutuhkan banyak bahan. Kamu hanya membutuhkan almond mentah, garam laut, air, bubuk probiotik dan stevia bebas alkohol.

8. Strawberry Lemonade Water Kefir

Minuman Probiotik Strawberry Lemonade Water Kefir
Strawberry Lemonade Water Kefir – source: www.culturesforhealth.com

Water kefir bercitrarasa klasik ini dapat menjadi minuman pilihan ketika musim panas datang. Apalagi saat musim panen strawberry! Minuman ini sangat mudah dibuat di rumah. Kamu hanya butuh 3 1/2 cup water kefir, 1/2 cup strawberry yang sudah hancurkan, dan 1 botol jus lemon segar.

 

Itulah kedelapan minuman yang dapat kami referensikan untuk dapat dibuat dan dinikmati selama kamu di rumah aja. Walaupun di rumah aja, harus tetap memperhatikan kesehatan ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *