Categories
Uncategorized

Perlukah Sarapan Saat Sedang diet?

diet vs breakfast

Siapa disini yang masih sering skip sarapan? Banyak anggapan bahwa sarapan di pagi hari membuat berat badan semakin bertambah. Oleh karena itu, sarapan sering kali dihindari oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet.

Tahukah kamu bahwa faktanya sarapan dengan komposisi menu yang benar dapat membantu kita untuk mengatur nafsu makan berlebihan pada makan siang dan makan malam. Pada saat tidur, tubuh kita seolah-olah melakukan “puasa” karena tidak ada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Saat bangun tidur, perut otomatis terasa lapar dan membutuhkan asupan nutrisi untuk beraktifitas. Dengan sarapan, asupan nutrisi akan kembali terpenuhi dan kita dapat focus melakukan aktifitas tanpa terganggu rasa lapar.

 

MANFAAT SARAPAN SAAT DIET

Jika bicara manfaat, sarapan tentunya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh tidak terkecuali bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Dilansir dari DetikHealth, berikut manfaat sarapan saat menjalankan diet.

  • Menstabilkan metabolism tubuh

Nutrisi pada tubuh seeorang saat melewatkan sarapan tidak dapat terpenuhi dengan baik. Akibatnya, otak akan mengirimkan sinyal yang dapat melambatkan kinerja metabolisme tubuh. Hal ini dilakukan untuk menghemat energy yang ada pada tubuh. Saat metabolisme tubuh turun, makanan akan lebih sulit dicerna sehingga nutrisi lebih lambat diserap.

  • Menekan keinginan mengonsumsi gula dengan sarapan kaya protein

Seperti yang telah dijelaskan di awal, sarapan dengan komposis yang baik malah akan mendukung program diet kamu. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan, telur, yoghurt, dan keju akan memberi kita energy yang cukup untuk menjalani hari. Makanan yang mengandung protein juga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

  • Perut lebih ramping dengan sarapan kaya serat

Punya perut yang ramping tentunya impian semua orang. Lingkar perut yang normal juga indiksi bahwa tubuh kita dalam keadaan sehat dan menrunkan risiko terkena penyakit jantung. Serat terkenal dengan kemampuannya untuk memperlancar pencernaan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat saat sarapan seperti sayur dan buah-buahan dapat membantu kamu mendapatkan perut impian kamu lho.

 

REKOMENDASI MENU SARAPAN DIET SEHAT

Guys, sudah paham kan manfaat sarapan bagi program diet kamu? Mulai saat ini, jangan lupa untuk selalu sarapan agar terbebas dari lapar berlebihan yang bisa merusak diet kamu.

Dilansir dari Tirto, kalori yang dibutuhkan orang dewasa saat sarapan adalah 400 kalori. Untuk kamu yang lagi diet, yuk simak rekomendasi menu sarapan di bawah 400 kalori untuk diet kamu dari Restonic.

Sandwich dengan sayur dan telur (371 kalori)

diet sandwich

  • 1 Roti sandwich
  • ¾ gelas putih telur
  • 10-15 daun bayam
  • 1 blok kaldu sapi dan bubuk keju
  • 2 potong tomat (iris tipis)
  • 2-4 potong alpukat
  • Garam
  • Saus sambal

Cara memasak

  1. Panggang roti pada toaster atau oven. Siapkan putih telur dan bayam pada mangkuk, lumuri dengan garam. Masak pada microwave selama 1 menit 30 detik. Awasi jangan sampai putih telur keluar dari mangkuk.
  2. Oleskan irisan keju pada roti yang sudah di panggang dan tambahkan irisan tomat. Susun telur dan letakkan di atas keju da tomat, tambahkan alpukat. Bumbui kembali dengan garam dan saus sambal sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *