Categories
Uncategorized

Investasi Jangka Panjang,Definisi dan Apa saja Instrumennya?

Investasi Jangka Panjang,Definisi dan Apa saja Instrumennya?

Bagi kebanyakan orang,mungkin kata investasi merupakan kata yang sudah cukup sering didengar.Namun sebenarnya investasi memiliki 2 jenis yakni investasi jangka panjang dan jangka pendek.Di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam apa itu investasi jangka panjang dan apa saja instrumennya?

Investasi jangka panjang yaitu investasi yang mana dana yang digunakan akan diputar dan baru dapat dicairkan apabila sudah tiba jangka waktu tertentu biasanya paling cepat 1 tahun. Berikut merupakan benefit yang bisa didapatkan:
tujuan investasi jangka panjang:dana pensiun
  1. Mempersiapkan dana pensiun
    Tidak ada orang tua yang mau melihat anaknya kesusahan,maka dari itu kita harus mempersiapkan dana khusus untuk membiayai kehidupan kita nanti apabila kita sudah memasuki umur pensiun.
    Tujuan investasi jangka panjang:financial freedom
  2. Mencapai financial freedom
    Financial freedom merupakan impian seluruh manusia. Siapa yang tidak mau memiliki pendapatan pasif yang dapat memenuhi kebutuhan hidup kita? Memiliki pendapatan pasif berarti kita bisa menghasilkan uang tanpa perlu kita bekerja
    Tujuan investasi jangka panjang:menikah
  3. Modal menikah
    Di zaman ini,keinginan menikah ialah salah satu kebutuhan primer bagi para millenial. Namun sayangnya,menikah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pentingnya kita investasi ialah agar dana yang kita miliki tidak terendap dan dapat menghasilkan.
Setelah membahas tujuan dari investasi,mari kita bahas ada apa saja instrumen investasi.

Instrumen investasi:emas

  1. Emas
    Emas merupakan instrumen investadansi yang paling banyak dikenal oleh khalayak umum. Investasi emas mempunyai nilai yang sangat tinggi,ivestasi emas memiliki profile: low risk=low return
    instrumen investasi:saham
  2. Saham
    Berbeda dengan emas,saham menawarkan keuntungan yang lumayan menggiurkan.Namun untuk meraih keuntungan tersebut diperlukan kemampuan untuk membaca laporan keuangan,memprediksi prospek perusahaan ke depan,dan mengambil keputusan yang tepat untuk meraih hasil yang maksimal.Investasi saham memiliki profil: high risk=high return.
    instrumen investasi:reksa dana
  3. Reksa Dana
    Reksa dana merupakan pilihan bagi orang yang menginginkan invesatasi yang return lumayan besar,namun resiko tetap terjaga di batas aman.Reksa dana pada intinya ialah kita (investor) memberikan uang kita untuk kemudian dikelola oleh manager investasi.
    Instrumen investasi:properti
  4. Properti
    Properti merupakan pilihan yang memberikan penawaran terbaik bagi yang memilikinya.Investasi dalam bentuk properti diantara lain:tanah,rumah,apartemen,dan sebagainya.Investasi properti menawarkan keuntungan yang besar namun dengan resiko yang aman.
Investasi jangka panjang memberikan banyak opsi dan berbagai keuntungan,namun sebaiknya kita tetap memilih instrumen investasi yang cocok dengan kebutuhan kita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *